Rabu, 20 April 2011

Konvergensi dan Konsentrasi di industri media

Perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi
  • Menuju ke Konvergensi atau Tehnologi 3 layar ( TV , Komuputer , Laptop , Hp ) : interaktif
  • Tehnologi dan sarana yang tersedia saat ini , 3G , Wimax dan Jaringan Fiber optik
  • Saat ini beberapa Lembaga Penyiaran sudah melakukan siaran percobaan menggunakan berbagai tehnologi , namun sebatas percobaan tehnis saja 
Tantangan industri penyiaran   
  1.  Regulasi
  2.  Inrastuktur
  3.  Trend Masyarakat
  4.  Model Bisnis
1 . REGULASI 
  •   Regulasi yang berubah-rubah menyebabkan ketidak pastian peraturan berakibat sulit untuk rencana usaha jangka panjang
  •    Tidak sinkron nya peraturan  yang satu dengan yang lain di tingkat Nasional , juga menimbulkan keraguan dalam pengambilan keputusan 
  •     Peraturan daerah atau kebijakan-kebijakan yang di buat oleh regulator daerah lain , tidak sama dari daerah satu dengan daerah lain
  •     Akibat dari hal-hal diatas Industri Penyiaran sulit untuk merencanakan jangka panjang
2 . INFRASTRUKTUR
  •     Untuk tehnologi yang bersifat Interaktif , di butuhkan jaringan serat optik dengan penetrasi yang luas dan harga yang terjangkau , pada saat ini belum tercapai , namun sudah menunjukkan kemajuan
  •     Tehnologi wireless seperti Wimax belum menjanjikan karena band-width yang terbatas dan "Nomandic"
  •     Untuk sementara tehnologi 3G belum menarik karena ukuran layar yang terbatas , bila ukuran layar membesar ( ipad ) , maka tehnologi akan menarik untuk industri penyiaran
3 . TREND MASYARAKAT
  •     Kemajuan TIK menyebabkan sebuah trend baru dalam masyarakat , dimana mereka ingin informasi kapan mereka ada waktu , dimana saja , dan jenis informasi yang mereka inginkan 
  •     Trend ini menimbulkan segmentasi yang amat kecil , namun sangat khusus 
  •     Jejaring social ( facebook ) merupakan gambaran masa depan , dimana muncul komunitas-komunitas tanpa ada lembaga penyiaran atau administrator
  •     Perusahaan periklanan Internasional sudah mulai memberikan perhatian khusus kepada jejaring social
4 . MODEL BISNIS
  •     Di masa mendatang lembaga penyiaran akan menjadi " Content Provider "
  •     Mengingat Trend Masyarakat Modern maka target " Pemirsa " menjadi kecil , sedangkan biaya Program tetap tinggi 
  •     Content Provider membutuhkan pengembalian investasi yang panjang , mengingat jumlah " pemirsa " yang kecil menyebabkan pemasukan dari langganan dan iklan menjadi kecil
  •     Kepastian hukum menjadi salah faktor penting dalam TIK




KONVERGENS

Berpadunya teknologi dan rantai nilai ( value chain ) industri telekomunikasi , penyiaran , teknologi informasi , dan konten , beserta ikutannya sehingga khalayak memperoleh layanan yang terpadu sesuai kebutuhan.


THE THIRD REVOLUTION OF COMMUNICATION
  1. Perkembangan komputer , Laptop , Blackberry , Ponsel melebihi media konvensional 
  2. Tiras media cetak mengalami penurunan , radio dan televisi stagnasi
  3. Booming net generation with web 2.0
  4. Pola komunikasi berubah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar