Rabu, 20 April 2011

Konvergensi dan Konsentrasi di industri media PART II

Konvergensi dan Konsentrasi di industri media 
  1. Media Cetak
  2. Radio / TV / Film
  3. Telekomunikasi
  4. Advertising and Public Relation
  5. Konsentrasi media
Media Cetak 
  • Majalah : Online atau cetak
  • Net Gain : Kesempatan Jurnalis di usia interaktif
  • Slate vs Salon : Perjuangan Kepemimpinan Majalah Online untuk mendapatkan pasar
  • Waktunya menuju halaman akhir
Majalah : Online atau Cetak 
  • Pengembangan dan cara apa yang di lakukan oleh surat kabar online sebagai alternatif menghadapi pesaingnya ?
Dengan semakin banyaknya media yang kini menggunakan media internet (cyber communication) pastinya mereka berlomba-berlomba untuk memberikan informasi yang terbaik untuk para pembacanya. Untuk menghadapi pesaing perusahaan surat kabar online membuat pengembangan dalam menyajikan informasi yaitu dengan membuat desain dalam mengemas informasinya berbeda dari yang lainnya, membuat desain yang pastinya membuat para pembacanya lebih tertarik untuk menikmati informasi-informasi yang disajikan dalam surat kabar online. Dan dalam media yang berjenis cyber communication ini informasi yang ada akan berganti tema dalam hitungan menit maupun detik sehingga para pembacanya dapat meng-update informasinya dan tidak akan ketinggalan informasi (berita)
  • Dalam cara apa koran online menawarkan ilusi interaktivitas , tetapi bukan realitas ? Dimana kekuatan editorial nyata terletak , menurut Katz ?
Yaitu dengan memberikan petunjuk atau himbauan terhadap adanya hal ilusi suatu interaktivitas dalam media Koran online. Bahwa mereka bisa memberikan opini tentang informasi yang ada yang berkaitan dengan apa yang di publish. Dengan adanya opini-opini resmi dari suatu media tersebut, maka kekuatan media tersebut semkin kuat. Opini yang ditulis pihak redaksi diasumsikan mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi media yang bersangkutan
  • Bagaimana ledakan media baru benar-benar membuat koran-koran dan wartawan lebih penting , perlu dan berguna dibandingkan sebelumnya ?
Dengan adanya atau bermunculannya media baru, semakin masyarakat berpikir kebutuhan akan informasi menjadi lebih penting. Tidak heran jika banyak masyarakat berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan media baru itu untuk mencari segala informasi yang ada. Sudah tidak tabu lagi jika segala informasi (berita) menjadi menu sehari-hari, karena di zaman sekarang ini orang akan dipandang sebelah mata jika tidak mengetahui segala sesuatu apa yang telah terjadi di dunia ini. Oleh karena itu peran wartawan dalam mencari berita sangat penting dan diperlukan sekali dalam proses pencarian informasi, begitupun juga media konvensional seperti koran yang sekarang ini bisa dikatakan sudah agak terlupakan oleh masyarakat tetapi banyak juga masyarakat yang masih membutuhkan koran sebagai media pengantar informasi yang sudah ada sejak zaman dimana media cyber belum membooming. Karena media Koran termasuk media yang mudah ditemukan, praktis, bisa dibawa (dibaca) dimana-mana, bisa dibaca berulang-ulang, harganya terjangkau dan pastinya semua orang bisa untuk mendapatkannya. Dengan adanya ledakan media-media baru yang ada sekarang ini justru membuat media koran dan juga wartawan menjadi sangat lebih penting lagi dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Karena jika tidak ada wartawan yang bertugas dalam pencarian berita apalah arti media-media baru yang notabenenya berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan informasi.
Net Gain : Kesempatan Jurnalis di usia Interaktif
  • Apa peran wartawan ketika siapapun yang memiliki komputer dan koneksi internet bisa mengklaim seorang reporter , editor , dan penerbit ?
           Seorang wartawan bisa saja mengusut atas tindakan pengklaiman yang terjadi dalam dunia cyber. Dengan menggali lebih dalam atas kasus tersebut sehingga menemukan benang merah terhadap pengklaiman yang terjadi pada seorang reporter, editor, dan penerbit. Dan pastinya perusahaan yang menaungi korban (reporter, editor, penerbit) bisa melaporkannya kepada yang berwajib atas pencemaran nama baik mereka bahkan mendapatkan denda sesuai tindakan pengklaiman tersebut.
  • Apakah wartawan profesional akan di butuhkan bahkan di zaman ketika orang bisa mendapatkan berita mereka " tanpa filter "dengan proses editorial ? 
Wartawan professional masih akan tetap dibutuhkan, karena tanpa adanya wartawan informasi secara luas tidak mungkin bisa terdengar oleh masyarakat. Wartawan disini bukan hanya sebagai orang yang mencari berita tapi juga memfilter atas semua informasi yang tidak terjamin kebenarannya. Walaupun ketika kebanyakan masyarakat yang mendapatkan informasi “tanpa filter” pastinya mereka akan mencari tahu tentang kebenaran yang sesungguhnya. Dan ini kembali lagi menyangkut kredibilitas seorang wartawan professional
  • Bagaimana dengan penonton? Berikan penjelasan tentang penurunan kewaspadaan editorial tradisional , apakah yang konsumen berita lakukan sekarang sudah memiliki tanggung jawab untuk menjadi lebih pintar dalam mencari informasi ?
Jelas, konsumen sekarang sudah memiliki tanggung jawab untuk menjadi lebih pintar dalam mencari informasi apalagi dengan adanya media cyber yang sekarang-sekarang ini bermunculan di kalangan masyarakat. Dengan adanya media komunikasi dengan inovasi baru, masyarakat lebih memilih media yang modern ini untuk dijadikan alat sebagai pencari informasi karena selain memiliki kecepatan dalam mengupdate informasi media ini pun dapat dibawa kemana-mana. Jadi masyarakat sekarang ini sudah menjadi lebih pintar dalam mencari informasi. Walaupun memiliki penurunan kewaspadaan terhadap editorial tradisional, masyarakat tetap tidak meninggalkan hal itu, bahkan mereka lebih mendalam lagi untuk mencari informasi-informasi melalui media komunikasi lainnya sebagai penunjang informasi yang ada pada editorial tradisional tersebut.

Slate vs Salon : Perjuangan Kepemimpinan Majalah Online untuk mendapatkan Pasar 
  • Tunjukkan perbedaan pendekatan Slate dan salon pada isi jurnalistikdan editorialnya ?
Kalau slate magazine itu lebih ke dalam hal hal politik, jika salon magazine itu lebih bervariasi topiknya  yaitu dengan pengetahuan tentang musik, buku, dan film.
  • Dengan pemikiran ini bagaimana anda berfikir penonton untuk Slate dan Salon mungkin berbeda ?
karena dari content medianya tersebut saja sudah sangat berbeda sehingga dapat dibedakan audiencenya.
  • Mengapa David Talbot editor majalah salon memanggilnya " Tabloid Pintar " ?
karena dari situ kita dapat memperoleh berbagai macam informasi dari berbagai jenis pengetahuan contohnya saja tentang musik, buku, film dan lain sebagainya. Dan dari situ juga dapat membuat pola pikir masyarakat menjadi lebih pintar. 
  • Michael Kinsley editor Slate menggambarkan pekerjaannya sebagai " menciptakan lingkungan dan majalah " , apakah ini berlebihan ? 
menurut saya ini tidak berlebihan, karena di satu sisi dalam pekerjaan itu merupakan penciptaan dalam lingkungan  di sekitar kita dan pastinya menciptakan sebuah produk yang bercirikan atau berkarakteristik berbeda dengan magazine lainnya.
Waktunya menuju halaman akhir
  • Apakah anda setuju dengan penilaian bahwa ketika para ahli melihat kembali pada abad ke dua puluh satu, mereka akan mengingatnya sebagai abad terakhir dari buku tersebut ?
karena sampai sekarang buku masih banyak digunakan oleh masyarakat di luar sana, jadi belum bisa dikatakan sebagai abad terakhir dari buku. Memang peminat buku sekarang ini menjadi agak berkurang dikarenakan banyaknya media baru yang bermunculan sehingga banyak orang yang lebih berminat terhadap media baru tersebut, sebab mereka menganggap media tersebut dapat memberikan informasi apa saja termasuk informasi-informasi yang ada di dalam buku-buku tersebut.
  • Bagaimana swakelola e-book di world wide web oleh penulis yang sudah memiliki nama populer dapat menciptakan peluang sehingga namanya sudah tercantum diantara nama-nama penulis tekenal ? 
E-book adalah singkatan dari elektronik book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer.e-book ini berupa file dengan format bermacam-macam ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program acrobat reader atau sejenisnya. Penulis e-book di world wide web yang sudah memiliki nama popular namanya dapat tercantum setara dengan penulis terkenal lainnya dengan cara peng-up date-an penulisaan yang dilakukan oleh penulis, juga peng-up date-an teknologi web itu sendiri, contoh pada zaman sekarang ini pemancar web merambah ke flash sehingga bandwitch­ nya berkurang dan membuka e-book nya lebih cepat dan ringan. Selain itu penulis harus biasa membuat e-book tersebut semenarik mungkin sehingga banyak pembaca yang tertarik dengan e-book yang penulis buat.
  • Akan terjadikah prediksi kematian buku tradisional pada abad ini , berarti hilangnya buku , atau sesuatu yang lain ?
Menurut saya buku tradisional pada abad ini masih tetap ada dan tidak akan mati walau teknologi komunikasi semakin berkembang. Di zaman sekarang ini sudah ada yang namanya e-book dimana masyarakat dapat membaca tanpa perlu membeli buku namun hanya dengan membuka komputer, sehingga memudahkan pembaca. Namun kecanggihan teknologi pasti terdapat kekurangannya dimana disaat kita tidak bisa mengakses e-book tersebut maka kita masi bisa menggunakan buku tradisional sebagai pengganti. Jadi saya tidak setuju dengan pernyataan dimana pada abad ini buku tradisional akan mati.


Radio / TV / Film
  • Dunia streaming
  • Radio kehilangan ruang udara untuk profit
  • Televisi menjadi gambaran baru kehidupan yang lebih intim 
  • 1999 : Tahun beralihnya ke Film 
Dunia Streaming
  • Paket program radio komersial sifat formatnya homogen untuk segmentasi tertentu.Sampai sejauh mana radio digital akan membuka cakrawala baru untuk audio ? 
Sampai sejauh ini Radio digital akan membuka cakrawala baru untuk audio dengan cara radio streaming.  Melalui radio streaming kita dapat mendengarkan siaran radio dengan menggunakan internet dan kita bisa mendengarkannya di mana saja. Contoh kita berada di luar jakarta dengan radio streaming kita bisa mendengarkan siaran radio yang ada di stasiun radio Jakarta, selain itu dengan radio streaming kita tidak hanya mendengarkan suara penyiarannya saja melainkan kita dapat melihat penyiar yang sedang siaran di radio karena menggunakan camera studio. Dengan radio steaming radio sudah tidak terpaku lagi oleh jangkauan pemancar yang terbatas.
  • Dalam hal apa internet dan worldwide web , merevolusi cara radio ditransmisikan , diproduksi dan di kenal ?
internet dan world wide web, bisa sangat cepat di akses oleh siapapun. Internet pertama kali di kenalkan oleh tentara AS dan di berikan aparnet. Tahun 1994, Sir Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C). Hasil karya beliau tidak dipatenkan sehingga dapat di akses oleh siapapun dengan bebas.
  • Bagaimana perekaman digital dan teknologi mengedit membuka kemungkinan kreatif untuk komentator radio di seluruh dunia ?
Karena dengan perekaman digital dan teknologi mengedit para komentator radio seluruh dunia dapat menyajikan suatu informasi kepada masyarakat dengan cara yang berbeda sehingga dapat memberikan kesan yang baik saat memberikan informasi dari suatu berita.

Radio kehilangan ruang udara untuk profit 
  • Apakah anda setuju dengan penilaian penuis bahwa iklan , yang pernah terputus lanskap budaya , mendominasi sekarang ini ? Apa pendapat anda tentang trend ini ?

Ya, saya setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan mendominasi sekarang ini, karena menurut saya pada sekarang ini iklan di televisi sudah sangat banyak sehingga durasi untuk iklan lebih panjang dibanding durasi acara televisi. Dan karena pada saat ini disetiap rumah telah memiliki televisi, sehingga yang menyaksikan televisi sangat banyak, karena faktor tersebut, perusahaan-perusahaan ingin membuat iklan dan disiarkan di televisi agar banyak orang yang menyaksikan sehingga lebih efektif untuk memperkenalkan produk yang dipasarkan. 
  • Mengapa masalah iklan komersial lebih terlihat jelas di radio dari pada televisi ?
Karena menurut saya, iklan yang ditayangkan ditelevisi lebih mahal di banding iklan yang disiarkan diradio, jadi karena faktor biaya maka kebanyakan iklan yang ditayangkan ditelevisi berdurasi tidak panjang sehingga isinya sangat singkat dan cepat, dan perlu berfikir sejenak untuk memahami iklan tersebut (berbelit-belit). dan beda dengan iklan yang diradio, iklan di radio bersifat tidak perlu berfikir panjang untuk memahami maksud iklan tersebut (to the point).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar