Konvergensi dan Konsentrasi di industri media
- Media Cetak
- Radio / TV / Film
- Telekomunikasi
- Advertising and Public Relation
- Konsentrasi media
Media Cetak
- Majalah : Online atau cetak
- Net Gain : Kesempatan Jurnalis di usia interaktif
- Slate vs Salon : Perjuangan Kepemimpinan Majalah Online untuk mendapatkan pasar
- Waktunya menuju halaman akhir
Majalah : Online atau Cetak
- Pengembangan dan cara apa yang di lakukan oleh surat kabar online sebagai alternatif menghadapi pesaingnya ?
Dengan semakin banyaknya media yang kini menggunakan media internet (cyber communication) pastinya mereka berlomba-berlomba untuk memberikan informasi yang terbaik untuk para pembacanya. Untuk menghadapi pesaing perusahaan surat kabar online membuat pengembangan dalam menyajikan informasi yaitu dengan membuat desain dalam mengemas informasinya berbeda dari yang lainnya, membuat desain yang pastinya membuat para pembacanya lebih tertarik untuk menikmati informasi-informasi yang disajikan dalam surat kabar online. Dan dalam media yang berjenis cyber communication ini informasi yang ada akan berganti tema dalam hitungan menit maupun detik sehingga para pembacanya dapat meng-update informasinya dan tidak akan ketinggalan informasi (berita)
- Dalam cara apa koran online menawarkan ilusi interaktivitas , tetapi bukan realitas ? Dimana kekuatan editorial nyata terletak , menurut Katz ?
- Bagaimana ledakan media baru benar-benar membuat koran-koran dan wartawan lebih penting , perlu dan berguna dibandingkan sebelumnya ?
Dengan adanya atau bermunculannya media baru, semakin masyarakat berpikir kebutuhan akan informasi menjadi lebih penting. Tidak heran jika banyak masyarakat berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan media baru itu untuk mencari segala informasi yang ada. Sudah tidak tabu lagi jika segala informasi (berita) menjadi menu sehari-hari, karena di zaman sekarang ini orang akan dipandang sebelah mata jika tidak mengetahui segala sesuatu apa yang telah terjadi di dunia ini. Oleh karena itu peran wartawan dalam mencari berita sangat penting dan diperlukan sekali dalam proses pencarian informasi, begitupun juga media konvensional seperti koran yang sekarang ini bisa dikatakan sudah agak terlupakan oleh masyarakat tetapi banyak juga masyarakat yang masih membutuhkan koran sebagai media pengantar informasi yang sudah ada sejak zaman dimana media cyber belum membooming. Karena media Koran termasuk media yang mudah ditemukan, praktis, bisa dibawa (dibaca) dimana-mana, bisa dibaca berulang-ulang, harganya terjangkau dan pastinya semua orang bisa untuk mendapatkannya. Dengan adanya ledakan media-media baru yang ada sekarang ini justru membuat media koran dan juga wartawan menjadi sangat lebih penting lagi dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Karena jika tidak ada wartawan yang bertugas dalam pencarian berita apalah arti media-media baru yang notabenenya berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan informasi.
Net Gain : Kesempatan Jurnalis di usia Interaktif
- Apa peran wartawan ketika siapapun yang memiliki komputer dan koneksi internet bisa mengklaim seorang reporter , editor , dan penerbit ?
- Apakah wartawan profesional akan di butuhkan bahkan di zaman ketika orang bisa mendapatkan berita mereka " tanpa filter "dengan proses editorial ?
- Bagaimana dengan penonton? Berikan penjelasan tentang penurunan kewaspadaan editorial tradisional , apakah yang konsumen berita lakukan sekarang sudah memiliki tanggung jawab untuk menjadi lebih pintar dalam mencari informasi ?
Slate vs Salon : Perjuangan Kepemimpinan Majalah Online untuk mendapatkan Pasar
- Tunjukkan perbedaan pendekatan Slate dan salon pada isi jurnalistikdan editorialnya ?
- Dengan pemikiran ini bagaimana anda berfikir penonton untuk Slate dan Salon mungkin berbeda ?
- Mengapa David Talbot editor majalah salon memanggilnya " Tabloid Pintar " ?
- Michael Kinsley editor Slate menggambarkan pekerjaannya sebagai " menciptakan lingkungan dan majalah " , apakah ini berlebihan ?
Waktunya menuju halaman akhir
- Apakah anda setuju dengan penilaian bahwa ketika para ahli melihat kembali pada abad ke dua puluh satu, mereka akan mengingatnya sebagai abad terakhir dari buku tersebut ?
karena sampai sekarang buku masih banyak digunakan oleh masyarakat di luar sana, jadi belum bisa dikatakan sebagai abad terakhir dari buku. Memang peminat buku sekarang ini menjadi agak berkurang dikarenakan banyaknya media baru yang bermunculan sehingga banyak orang yang lebih berminat terhadap media baru tersebut, sebab mereka menganggap media tersebut dapat memberikan informasi apa saja termasuk informasi-informasi yang ada di dalam buku-buku tersebut.
- Bagaimana swakelola e-book di world wide web oleh penulis yang sudah memiliki nama populer dapat menciptakan peluang sehingga namanya sudah tercantum diantara nama-nama penulis tekenal ?
E-book adalah singkatan dari elektronik book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer.e-book ini berupa file dengan format bermacam-macam ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program acrobat reader atau sejenisnya. Penulis e-book di world wide web yang sudah memiliki nama popular namanya dapat tercantum setara dengan penulis terkenal lainnya dengan cara peng-up date-an penulisaan yang dilakukan oleh penulis, juga peng-up date-an teknologi web itu sendiri, contoh pada zaman sekarang ini pemancar web merambah ke flash sehingga bandwitch nya berkurang dan membuka e-book nya lebih cepat dan ringan. Selain itu penulis harus biasa membuat e-book tersebut semenarik mungkin sehingga banyak pembaca yang tertarik dengan e-book yang penulis buat.
- Akan terjadikah prediksi kematian buku tradisional pada abad ini , berarti hilangnya buku , atau sesuatu yang lain ?
Menurut saya buku tradisional pada abad ini masih tetap ada dan tidak akan mati walau teknologi komunikasi semakin berkembang. Di zaman sekarang ini sudah ada yang namanya e-book dimana masyarakat dapat membaca tanpa perlu membeli buku namun hanya dengan membuka komputer, sehingga memudahkan pembaca. Namun kecanggihan teknologi pasti terdapat kekurangannya dimana disaat kita tidak bisa mengakses e-book tersebut maka kita masi bisa menggunakan buku tradisional sebagai pengganti. Jadi saya tidak setuju dengan pernyataan dimana pada abad ini buku tradisional akan mati.
Radio kehilangan ruang udara untuk profit
Ya, saya setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan mendominasi sekarang ini, karena menurut saya pada sekarang ini iklan di televisi sudah sangat banyak sehingga durasi untuk iklan lebih panjang dibanding durasi acara televisi. Dan karena pada saat ini disetiap rumah telah memiliki televisi, sehingga yang menyaksikan televisi sangat banyak, karena faktor tersebut, perusahaan-perusahaan ingin membuat iklan dan disiarkan di televisi agar banyak orang yang menyaksikan sehingga lebih efektif untuk memperkenalkan produk yang dipasarkan.
Radio / TV / Film
- Dunia streaming
- Radio kehilangan ruang udara untuk profit
- Televisi menjadi gambaran baru kehidupan yang lebih intim
- 1999 : Tahun beralihnya ke Film
Dunia Streaming
- Paket program radio komersial sifat formatnya homogen untuk segmentasi tertentu.Sampai sejauh mana radio digital akan membuka cakrawala baru untuk audio ?
- Dalam hal apa internet dan worldwide web , merevolusi cara radio ditransmisikan , diproduksi dan di kenal ?
- Bagaimana perekaman digital dan teknologi mengedit membuka kemungkinan kreatif untuk komentator radio di seluruh dunia ?
Radio kehilangan ruang udara untuk profit
- Apakah anda setuju dengan penilaian penuis bahwa iklan , yang pernah terputus lanskap budaya , mendominasi sekarang ini ? Apa pendapat anda tentang trend ini ?
Ya, saya setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan mendominasi sekarang ini, karena menurut saya pada sekarang ini iklan di televisi sudah sangat banyak sehingga durasi untuk iklan lebih panjang dibanding durasi acara televisi. Dan karena pada saat ini disetiap rumah telah memiliki televisi, sehingga yang menyaksikan televisi sangat banyak, karena faktor tersebut, perusahaan-perusahaan ingin membuat iklan dan disiarkan di televisi agar banyak orang yang menyaksikan sehingga lebih efektif untuk memperkenalkan produk yang dipasarkan.
- Mengapa masalah iklan komersial lebih terlihat jelas di radio dari pada televisi ?

Tidak ada komentar:
Posting Komentar